Tuesday, February 21, 2012

Sekilas tentang Kindle dan Cara Membelinya di Indonesia (Updated)

Suatu ketika, seorang teman di kantor sedang membawa sebuah gadget unik. Sebuah kindle, alat pembaca buku digital dari situs jual beli Amazon. Awalnya reaksi saya biasa saja (hanya "oh, kindle") dan tidak tertarik karena di saat zaman komputer tablet seperti ini mengapa masih ada perangkat yang hanya bisa untuk membaca buku saja? Bandingkan jika kita membeli Galaxy Tab atau iPad, kita bisa melakukan lebih banyak hal, dan tentunya bisa untuk membaca buku juga. So, why wasting more money to buy such a thing?? Saya menjadi penasaran dengan gadget tersebut dan tak tahan untuk mencobanya juga. Setelah mengobrol dan mencari tahu apa kelebihan kindle, akhirnya saya menemukan jawabannya!


Ternyata ada hal unik yang ada di kindle namun tidak terdapat di komputer tablet, apa itu? E-Ink. Ya, e-ink alias tinta elektronik: kindle tidak menggunakan layar LCD atau AMOLED seperti di kebanyakan tablet dan smartphone, namun menggunakan teknologi tinta elektronik. Alih-alih mengeluarkan cahaya seperti layar LCD, layar kindle tidak mengeluarkan cahaya sehingga kalau dalam keadaan gelap kita tidak bisa membaca apa yang ada di layar tersebut alias harus ada cahaya dari luar entah itu lampu atau cahaya matahari baru kita bisa membacanya.  Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi mata karena membuat mata tidak cepat lelah dan perih ketika menatap layar kindle untuk membaca buku dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, seperti layaknya kertas di buku, kita tetap bisa membaca buku dengan nyaman di bawah sinar matahari yang sangat terang sekalipun, tidak seperti layar LCD yang sulit untuk dilihat di bawah sinar matahari langsung.

Perbandingan antara E Ink, kertas, dan LCD
Kelebihan lain dari kindle adalah adanya build in dictionary sehingga kita bisa langsung mengetahui makna dari kata dalam bahasa Inggris yang belum kita ketahui maknanya. Tentu saja, seperti aplikasi pembaca ebook di smartphone atau komputer, kita juga bisa memberikan highlight untuk kalimat yang menggugah atau menarik dan juga bisa memberikan catatan pribadi untuk highlight tersebut.

Build in dictionary

Otak saya langsung berputar, wah berarti saya bisa menggunakan kindle untuk belajar kosakata bahasa Inggris dengan lebih baik! Saya tinggal menyorot kata-kata yang tidak tahu maknanya dengan cara memberikan highlight, kemudian mencatatnya belakangan di komputer untuk dihafalkan. Hal tersebut dapat saya lakukan dengan sangat mudah karena jika kita membeli buku kindle dari Amazon, maka seluruh highlight dan catatan yang kita buat di kindle dapat diakses di seluruh perangkat lain: di PC, android, iphone, BB, bahkan ada cloud reader di firefox dan chrome. Semuanya tersinkronisasi secara otomatis.

Selain untuk membaca buku digital, kindle juga memiliki beberapa fitur lainnya seperti web browser sehingga kita bisa membuka konten di internet, MP3 player untuk mendengarkan musik, text-to-speech yang bisa langsung digunakan tanpa headset karena sudah tersedia loudspeaker, dan juga terintegrasi dengan social site seperti facebook dan twitter sehingga kita bisa langsung membagi frase yang menarik di dalam buku. Dari beberapa jenis kindle yang tersedia, saya lebih condong dengan kindle touch yang menggunakan sentuhan untuk bernavigasi.

OK, karena melihat harganya yang tidak terlalu mahal juga (kindle touch dengan iklan seharga $99), akhirnya saya memutuskan untuk membeli kindle. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara membeli kindle di Indonesia? Amazon tidak menjual kindle untuk alamat di Indonesia. Sementara itu alat ini masih jarang yang punya dan tidak sepopuler komputer tablet. Setelah mencari-cari di kaskus dan googling, hanya sedikit orang Indonesia yang menjual kindle, itupun harganya jauh lebih mahal dari harga resmi Amazon, bisa mencapai 1.8 juta sampai 2 juta, padahal harga resminya hanya sekitar 900 ribu! Saya mengerti alasannya karena harus impor dari Amerika sehingga ada biaya pengiriman barang sampai Indonesia, tapi kalau sebesar itu margin keuntungannya.... Hmmm... enggak deh.. :p

Hampir putus asa mencari penjual kindle di Indonesia dengan harga bersahabat, akhirnya saya memakai jurus terakhir: beli lewat ebay. Cara ini pernah saya lakukan ketika membeli HTC Desire dari Singapura dan mengirimnya ke Indonesia karena pada waktu itu (sekitar dua tahun yang lalu) HTC masih sangat jarang di Indonesia. Kali ini, saya mencari penjual ebay dari Amerika yang menjual kindle dan mau mengirimkannya ke Indonesia. Langkah-langkahnya: cari dengan kata kunci "kindle touch" di ebay, urutkan berdasarkan harga + biaya pengiriman paling murah, lalu cari yang bisa mengirim sampai ke Indonesia. Ketemu! Ada penjual yang hanya mengambil untung $10 (dia menjual kindle dengan harga $109, lebih mahal $10 dolar saja) dan mematok ongkos pengiriman yang sangat murah, kalau tidak salah waktu itu sekitar $45 untuk jasa pengiriman dengan USPS. Setelah saya hitung dan menambahkan biaya bea cukai, ternyata harganya masih lebih murah daripada beli langsung dengan penjual di Indonesia. :D

Saatnya menunggu dengan sabar. Sekitar 2 minggu kemudian kindle saya sampai di Indonesia. Ternyata gak kena biaya bea cukai! Haahaaaa senangnya hati ini, mungkin karena harganya masih di bawah batas tidak kena cukai. Saya pun mencoba fitur-fitur yang ada kindle touch tersebut dan membeli sebuah buku dari Amazon seharga $0.99 sebagai bahan percobaan, hehe sengaja beli yang sangat murah, judul bukunya adalah My Wife's Story karya Richard Babcock, sebuah cerpen yang masuk dalam kategori kindle single.

Sekarang, setelah menggunakannya selama dua bulan, saya benar-benar merasa bahwa ini adalah pembelian yang sangat tepat dan menguntungkan. Sama sekali tidak menyesal! Selain karena saya bisa belajar bahasa Inggris dengan lebih baik (nanti di postingan saya selanjutnya akan saya kasih tips dan trik belajar dengan software anki), juga karena membuka wawasan dan cakrawala berpikir karena bisa membaca berbagai buku yang menarik dan menggugah.

Kindle saya yang sudah dilengkapi dengan case dan screen protector :)


UPDATE 1

Melihat berbagai pengalaman orang-orang dari komentar di artikel ini, untuk sementara TIDAK DIANJURKAN untuk membeli kindle melalui penjual di luar negeri dan sebaiknya cari saja di toko yg menjual kindle di Indonesia (contoh: kaskus). Alasannya karena ada teman-teman yg kena cukai hingga 700-900 ribu. Dulu saya juga pernah punya pengalaman ketika membeli handphone HTC Desire HD di Amerika, harga barang $430 + shipping $45 ke Indonesia dan ternyata kena cukai sekitar 600 ribuan. Karena bingung kenapa saya dikenai cukai yang begitu besar, saya sampai jauh-jauh datang ke bagian cukai di bandara Soekarno-Hatta untuk konfirmasi perhitungan cukainya, saya minta keringanan ternyata langsung ditolak... Berdasarkan pengalaman membeli hp itu maka saya sebelum membeli kindle sudah tau bahwa kindle saya pasti akan kena cukai dan saya mencoba-coba kalkulasi kira-kira berapa cukai yang harus saya bayar dari berbagai sumber (contohnya dari website ini), kalau tidak salah setelah saya hitung saya hanya akan kena cukai sebesar 200ribuan saja (dari harga kindle saya yang $109 + shipping $45), makanya saya memberanikan diri membeli kindle dari ebay di Amerika. Tapi ternyata saya malah tidak kena cukai, berarti mungkin saya pikir karena harga kindle masih di bawah harga batas yang kena cukai (?). Namun melihat komentar teman-teman di bawah, nampaknya biaya perhitungan cukai untuk barang impor di Indonesia makin membuat orang harus berpikir dua tiga kali untuk mengirim barang dari luar negeri. Saya benar-benar tidak menyangka masa untuk harga kindle paper white $140 + shipping $50 saja kena cukai 900 ribuan, sadis...!! Padahal dulu saya beli hp yg seharga $430 (+shipping $45) saja 'hanya' kena 600 ribuan. Mungkin sudah ada perubahan peraturan atau seperti apa saya tidak mengerti, yang pasti untuk sekarang hindari dulu pembelian kindle dari luar negeri dan cari dari toko dalam negeri saja. Terima kasih untuk teman-teman yang sudah memberikan infonya. :)

UPDATE 2

Untuk membeli buku kindle dari Indonesia, kata orang IP address kita harus dari Amerika ketika membeli kindle dan kartu kredit kita juga harus terbitan Amerika, tapi nyatanya saya beli buku kindle pake IP address Indonesia dan kartu kredit Indonesia juga bisa kok. Nah masalahnya saya agak lupa cara settingnya dulu pertama kali ketika saya beli kindle! Kalau tidak salah (ini kalau tidak salah ya... :p), waktu itu awalnya saya juga tidak bisa beli buku kindle karena address saya adalah di Indonesia. Karena saya punya kawan di Washington DC (pernah kesana ketika mengunjungi kantor pusat perusahaan), saya masukkan alamat teman saya di account amazon, dan set sebagai default address. Nah setelah itu jadi bisa beli buku kindle secara langsung dari amazon.com walaupun kartu kredit saya yg terdaftar itu dari Indonesia, bukunya juga langsung di delivered ke kindle saat itu juga. Enaknya kalau beli di amazon, seluruh history membaca (termasuk bookmarks dan highlights) akan tersinkronisasi di seluruh perangkat kindle (misalkan aplikasi kindle yang ada di android atau di PC). Mungkin ada teman-teman yang bisa menambahkan step2nya kalau sudah bisa beli ebooknya juga? Sekali lagi langkah yang saya jelaskan mungkin kurang lengkap karena itu sudah lama sekali dan sudah agak lupa.

100 comments:

  1. mas,

    belinya di User apa di Ebay, atau toko apa di ebay. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah purchase history saya sudah terhapus di ebay (maksimal cuma 60 hari). Coba liat di link ini saja, tidak jauh beda kok dengan harga official di amazonnya.

      http://www.ebay.com/ctg/Amazon-Kindle-Touch-4GB-WiFi-6in-Silver-/110778468?_refkw=kindle+touch&_pcatid=839&_pcategid=58058&_stpos=16411&_fcid=96&_localstpos=16411&_from=R40&_dmpt=US_Tablets&_clu=2#

      Delete
    2. Om Amri, setelah searching a lot, ternyata ada yang jual di tokoebookreader.com, apa bedanya kalau beli di amazon atau ebay? mohon saran? maklum masih newbie

      Delete
    3. Om Amri, lanjut nih, setelah searcing terus, ada temen nih yang mau ditipin beli Kindle di UK, bisa nggak ya langsung digunakan di Indo??
      Thx

      Delete
    4. @mas Alfiyan: bedanya cuma di harga saja, hehe. Kalau beli di tokoebookreader.com kan bisa dilihat kalau harganya beda jauh sekali dengan harga officialnya, sedangkan kalau beli sendiri di ebay bisa menghemat banyak. Cuma bedanya kalau beli di toko sini kita bisa langsung dapat barangnya sedangkan kalau beli di ebay kita harus tunggu sampai shipping sampai di Indonesia dan berharap semoga tidak kena cukai. Dulu saya sudah estimasi kalau kena cukai tapi ternyata tidak kena, mungkin karena masih di bawah batas minimum kena cukai. Kalau bisa nitip temen lebih bagus lagi karena kita bisa beli dengan harga asli amazon (yang jauh lebih murah) dan tentu saja bebas biaya shipping. Bisa kok langsung digunakan di Indo. :)

      Delete
    5. atau bisa contact agan kaskus yg posting di bawah tu, dia termasuk murah jual dengan harga segitu.

      Delete
    6. Mas Amri, katanya kan gak kena cukai tax. Aku punya kena bayar Rp. 921.000.
      Koq pilih kasih yah....

      Delete
    7. Gimana cara calculate taxnya yah?
      Just curious.

      Delete
    8. Ooii... Mana ada import brg yg bebas pajak hari gene...
      Negara kita butuh pajak... Tiap tahun jatah dinaikin...
      Jadi kalo kena tagihan cukai, yah mbok sadar... Engkau termasuk org yg ikut menyumbang pajak...
      Jadi engkau jangan kesel/marah, engkau adalah pahlawan, pembayar pajak yg perlu diacungi jempol.

      Delete
    9. Aku punya kindle 3.
      Usia sekitar satu setengah tahun. Jarang pakai. Mulus.
      Jual murah jika ada yg berminat.
      Dulu beli di toko buku Click & Drag Mangga Dua Mal.
      Sudah lengkap dgn anti gores, softcase, earphone.
      Box dan adapter serta kabel usb ada.
      Leather cover case ada 2.
      Yg satu ori amazon pakai lampu.
      Satu lagi merk philips. Dua duanya warna hitam.
      Ebook ada sekitar seratusan.

      Buka harga aja... Wani piro....

      Contact: Rudylaksmana@gmail.com

      Delete
    10. Gimana donk, please help....

      Sdh nyampe surabaya, kindle fire gua malah ditarik balik dan disita sama dhl.
      Gua dimintain cukai import satu juta, plus lagi fee admin seratusan ribu.
      Gua gak ready uang segitu secara mendadak. Mesti tunggu gajian.
      Terus dibawa balik lagi ama petugasnya.
      Tolong donk....
      Awalnya niat beli dgn harapan bisa lebih murah .
      Tidak nyangka ada cukai segala gitu yg harus dibayar.
      Mending kalo seratusan ribu aja, ini mah sdh sejutaan.
      Gimana nih ...

      Delete
    11. Kalau sudah ditahan dhl harus segera ditebus dalam bbrp hari.
      Kalau lewat tenggatnya biasa akan disita/dilelang/dijual lagi.
      Coba ajukan dulu keberatannya di bea cukai.
      Nego dululah...
      Kalau merasa kemahalan, ya sudah paketnya tidak usah ditebus.

      Delete
    12. Ribet juga yah kalo beli di ebay.
      Ternyata bayar cukainya mahal yah.
      Saya lihat di tokoebookreader.com banyak sekali jenisnya.
      Ada rekomendasi gak tipe apa kindle yg bagus.

      Delete
    13. Sis nancy,
      Gimana paketnya? Masih bisa ditebus apa hilang?

      Delete
    14. Pakai Sony PRS saja, bisa beli ebooknya. Nggak usah pusing2.
      Coba cek ke tokoebookreader mangga dua, Sony prs nya banyak tipe.

      Delete
    15. ada lagi yg lebih baru dari kindle touch nih gan, namanya kindle paperwhite, klo saya baca beberapa review nya, type ini skrg jadi type ebook reader terbaik.
      saya beli nya di indonesia di www.shopitsimplify.com.. (setelah saya browsing2 di situ yg paling murah)

      Delete
  2. Replies
    1. Bro David,
      Setahu saya, utk kindle, kartu kredit indonesia belum bisa.
      Saya pakai Sony T1. Bisa beli ebook.
      Dulu saya mau beli kindle, waktu itu beli di toko mangga dua, sama penjual dikasih tahu bahwa dgn Sony Reader bisa diakalin buat beli ebooknya. Akhirnya pakai Sony. Caranya, ebooknya kita beli di www.ebooks.com melalui komputer. Bisa pakai kartu kredit indonesia.
      Lalu kita download ke komputer dgn Adobe Edition. Kemudian file ebook ini kita transfer ke Sony Reader dengan menggunakan software Reader for PC yg telah disediakan dalam unitnya.
      Cara ini berhasil.

      Delete
    2. Silakan baca update nomor 2 di artikel. :)

      Delete
    3. mas Amri masih beli ebook dari amazon dan bs baca semuanya sampai sekarang di Indonesia kan?

      Delete
    4. mas Amri masih beli ebook dari amazon dan bs baca semuanya sampai sekarang di Indonesia kan?

      Delete
  3. wahh menarikk jd pengen beli jugaa

    ReplyDelete
  4. hai numpang tanya,
    saya uda beli tapi katanya harus diregister dan tidak bisa membelinya dengan kartu kredit indonesia, betulkah itu?
    mohon bantuannya...
    Thanx pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dak di jawab? not fair! Blog apaan nih?

      Delete
    2. Silakan baca update nomor 2 di artikel. FYI, saya tidak punya kewajiban (dan mungkin tidak sempat) untuk membalas setiap komentar, jadi gak usah marah kalo belum dijawab, kan ada google juga, memangnya susah cari info jaman sekarang?

      Delete
  5. halo bung amri
    mau tanya nih -
    > beli casing/dan screen protector kindle di mana ya ?
    tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli casingnya di ebay juga. :)

      Delete
    2. Covernya banyak pilihan kok di nengririen.com

      Delete
  6. oh ya bung amri

    beli E Book atau Download E book bayar atau free - caranya gimana ya ? tq

    ReplyDelete
  7. Bung Amri,

    mau nanya nih, download buku yang bisa dimasukin ke kidnlenya dari mana ya ?

    thank you banyak ya

    ReplyDelete
  8. kak amri bagaimana mendownload ebooknya?atau menconverter ebook yang sudah saya punya untuk bisa dibaca di kindle.tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk beli ebook kindle resmi silakan baca update nomor 2. Kalau sudah punya ebook bisa diconvert melalui software calibre.

      Delete
  9. thankyou share nya.. nanti saya coba beli di ebay... saya sudah putus asa mau beli kemana, karena memang amazon ga jual kindle untuk alamat indonesia. kalau di indonesia ada pun harganya emang selisihnya kaya langit sama sumur... :)

    ReplyDelete
  10. @all
    Ebook yang bisa di baca oleh kindle adalah ebook yang berformat : azw, mobi, pdf, prc, txt, selain format itu tetap bisa di baca di kindle tapi harus di convert terlebih dahulu dengan software calibre ( mudah convertnya )

    @andri resna
    coba cek blog saya, dijamin lebih murah dibanding beli sendiri :D

    ReplyDelete
  11. aduh makasih banget atas postingannya kak. saya jg baru liat ini gadget kayaknya asik. pengen beli tapi bingung gimana cara.

    klo lewat ebay, belinya dapet apa aja ya? cuma kindlenya doang? manual+charger+kabel macem2nya dapet kah?

    casingnya dijual terpisah ya? berapaan ya harganye?

    makasihhh! maaf jadi kepo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja ini sodara2, bbrp juragan kindle di tanah air:

      www.tokoebookreader.com
      www.nengririen.com
      kangaboy.blogspot.com

      Delete
  12. mas :D mau tanya nih :D ada produk terbaru Kindle Paperwhite, kalo masnya beli, aku sekalian nitip :D nanti uangnya aku kirim ke rekening tempatnya masnya :D, seriusni mas, buat kuliahan, banyak ebook di laptop yang harus dibaca, daripada ngeprint ebooknya mending beli kindle hehehe, dan matanya ngak capek :D

    ReplyDelete
  13. Mas Mau tanya, minggu lalu saya beli kindle di ebay, tapi sudah lebih dari 1 minggu barang masih belum saya terima. Dulu pengalaman mas, berapa lama ya pengiriman barangnya? soalnya dari tracking code yang dikasih progressnya gak jelas (pake USPS juga dikirimnya).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu nunggu 2 minggu sampai barangnya sampai ke rumah. Bisa di tracking kok asalkan ada nomor resi dari USPSnya.

      Delete
  14. Thx infonya, kindle sudah sampai! sekarang tinggal tunggu covernya dateng (mengikuti saran mas, beli di ebay juga:D).

    ReplyDelete
    Replies
    1. sis, kena cukai tax?
      Punyaku paperwhite, minggu lalu sama FedEx koq bayar Rp. 921.000.
      Yang bayar bokapku, jadi aku gak tak tahu kenapa?
      Uurghhh.....

      Delete
    2. Mba waktu itu kena cukai tidak? Soalnya banyak komentar dari pembaca lain akhirnya malah kena cukai? Mohon infonya, thanks. :)

      Delete
  15. Saya beli e-book pakai alamat Indonesia kok tidak bisa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belinya di mana? Kalau di amazon ya tidak bisa. Kalau di ebay tergantung masing2 penjual, apakah dia memasukkan Indonesia sebagai salah satu negara yang bisa dikirimkan barangnya atau tidak.

      Delete
  16. halooo..
    saya fans berat kindle dulu saya pakai yg kindle keyboard sekarang pakai paperwhite, awalnya sih karena kindle yang lama ketinggalan di kantong kursi pesawat. So, hati2 ya kalo bawa kindle selagi traveling.

    Saya domisili di singapura saya suka lihat di Gmarket singapur ada yang jual kindle dan accesoriesnya saya rasa Gmarket indonesia juga jual ya.

    Saya mau tanya nih, bisa kasih rekomendasi untuk beli atau download ebook bahasa indonesia yang bisa saya convert ke kindle ?

    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal. Pertanyaan yang menarik, saya dulu juga memikirkan seperti itu, namun sayangnya masih sedikit sekali buku bahasa Indonesia yang ada versi digitalnya. Kalaupun ada judulnya hanya itu2 saja. Indonesia masih berfokus pada distribusi buku fisik. Mungkin di antara penerbit sendiri masih ada perdebatan dan kekuatiran tentang pembajakan sehingga bukunya sendiri akan kurang laku kalau ada versi digitalnya.

      Delete
    2. Untuk beli ebook bhs indonesia bisa ke papataka.com. saya pernah beli ebook reader + ebook disana. Silakan dicek. Semoga membantu :)

      Delete
  17. Mas amri, kalau lihat komen2 diatas intinya bisa beli langsung kindle dari luar (selain amazon) tanpa harus register di luar negeri ya? Krn baca2 kebanyakan yg punya kindle disini pada nitip beli dan register di luar negeri.
    Karena saya newbiedi dunia ereader dan memang niat untuk beli yang 3G+wifi.
    Mohon feedbacknya ya mas, biar gak salah beli. Thanx

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca update nomor 1, kalau ada yg jual di Indonesia beli aja dari situ. Kalau kebetulan ada teman yg ke Amerika baru deh titip dia aja, hehe

      Delete
  18. Mau download buku freenya atau beli bukunya itu harus tinggal di U.S?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca update nomor 2, kayaknya harus pake alamat US deh mba.

      Delete
  19. very good article .. I really enjoyed reading your article. A great new information to the public. thank you for the information ....

    ReplyDelete
  20. mas amri, kalau sudah ada kindle, caranya download buku apa harus rubah alamat di amazon jadi alamat amerika?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca update nomor 2, kayaknya harus pake alamat US deh mba.

      Delete
  21. mas amri... mau tanya tentang cukainya... tq artikelnya

    cara hitung cukainya liat website mana yah?

    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukai indo mah sesukanya. Aturan sih yg dibebasin $50.
      Namun praktiknya sesukanya officer yg lagi ngecek.
      Gua sih belum pernah beli kindle. Tapi bepi brg lain sdh sering.
      Kadang sdh dibuat harganya undervalue, tetap kena mahal
      karena kotaknya dibongkar abis, buat ditaksir nilainya.
      Jadi gak bisa bohonglah.
      Namun ada juga brg yg mustinya mahal ehh mahal cukainya tidak terlalu mahal.
      Bingung juga...
      Jadi pengalaman gua, ini sih hoki2an lah...
      Kalau lagi serius officernya (buat capai target kali yah..), maka cukainya kena super tinggi lah.
      Kalau lagi loyo and males, lewat saja... Gak dicek lagi. Mungkin ditaksir murah saja cukainya atau malah gak usah bayar.
      Yang bikin bete ni, lebih banyak barang gua yang kena cukai tinggi.
      Yah hitung2 gua bantu sumbang untuk pajak negara... He..he...

      Delete
    2. Setuju dengan jawaban anonymous di atas, kayaknya perhitungan cukai rada2 misterius, alasannya saya jelaskan di update artikel di atas. Saya pernah beli barang yg jauh lebih mahal tapi cukai tidak semahal orang yg beli kindle di luar dan kena lebih dr 900 rb. Saya cari-cari di google, nemu artikel ini untuk perhitungan cukai: http://www.pajak.net/info/tarif_pajak_dan_cara_hitung_PPN_PPnBM.htm

      Delete
  22. komen2 diatas yg telah saya baca, tetapi sayang soal "bagaimana cara download ebook" dan juga mengenai "alamat di amazon harua dirobah atau tidak" tidak mau dijawab!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan baca update nomor 2 di artikel. FYI, saya tidak punya kewajiban (dan mungkin tidak sempat) untuk membalas setiap komentar, jadi gak usah marah kalo belum dijawab, kan ada google juga, memangnya susah cari info jaman sekarang ya?

      Delete
  23. jadi total harga Anda membeli kindle itu berapa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli paperwhite di ebay dgn rincian:
      Unitnya $140
      Shipping $50
      Terus ini yang bikin kesel cukai tax Rp. 921.000.
      Boxnya sdh dibongkar, mungkin buat dihitung cukai taxnya kali.
      Ternyata malah mahal yah...
      Ada yg tau gak cara itung cukai taxnya?

      Delete
    2. Sis morita,
      Gua juga kena cukai 700an ribu waktu juni lalu beli kindle touch.
      Gak ngerti dari mana angka segitu dtgnya.
      Waktu gua mau tanda tangan di lembar kertas daftar penerima DHL punya si petugas, ternyata hampir semua nama yg tertera di situ dikenakan cukai. Gua sempat lihat ada yg sampai 36jt.
      Gila, cukai apaan sampai 36jt, barang apaan yah yg dikirim. Ih... Serem...

      Delete
    3. Nambahin aja...
      Selama ini gua download gratisan ebooknya. Banyakan pdf, lalu convert ke mobi dgn calibre.
      Download aja toolsnya di calibre-ebook.com

      Ini web ebook gratisan:
      Ebook3000.com
      Avaxhome.ws

      Kalo yg Indo coba ini:
      Dimhad.hit.to

      Semoga berguna infonya....

      Delete
    4. Sudah saya sebutkan di artikel bahwa saya beli dengan harga $109 + shipping $45 dan tidak kena cukai, jadi total $145. Untuk masalah cukai sudah saya update artikel di atas.

      Delete
  24. Sekedar info saja .....
    Teman gua beli kindle. Pas nyampe ditagih sama DHL sekitar 800ribuan. Katanya buat pajak. Kalau gak bayar barang akan disita. Dia sering beli gadget, selalu ditagih pajaknya. Katanya sekarang bea cukai lagi genjot omzet. Dikit2 pasti dipajakin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sudah ada update regulasi kali ya, jadi sekarang lebih teliti dalam mengawasi barang masuk ke Indonesia. Tapi kalau menurut saya untuk kindle kena 800 ribu itu sangat besar, saya pernah beli hp yg harganya jauh lebih mahal tp kena lebih kecil. Saran saya jangan lupa minta perhitungan rincinya ke bagian cukai.

      Delete
    2. Mas amri,

      Ini pengalaman aku yg sering beli online dari luar.
      Aku pernah beli jam tangan $85 pakai DHL.
      Di inv DHL, hanya tertera pajak 430.000. Tanpa ada rincian dari mana angka itu berasal.
      Lalu ada biaya admin dan bank feenya DHL sebanyak 125.000.
      Total 555.000 yg harus dibayar.
      Angka 125.000 itu sdh pasti dikenakan ke kita, berapapun pajaknya.
      Tiap kali terbitin satu inv, pasti dikenakan fee 125.000.
      Pernah beli kaos, kena pajak 30.000, tapi harus tambah bayar fee 125.000, sehingga totalnya jadi 155.000. Jadi lucu, feenya jauh lebih gede dari pajaknya.

      Delete
  25. Just sharing...

    Akhirnya dpt Kindle di salah satu toko di Mangga Dua.
    Itung2 harga nggak terlalu beda jauh yah.
    Dulu rekan sekantor saya beli di ebay dan habis bayar cukai jatuhnya sama sajalah.
    Kasihan dia nunggunya yang lama dan cukup dibuat stress krn takut hilang, takut rusak, takut cukainya mahal.
    Eh, malah benar harus bayar cukai ratusan ribu.

    That's what I want to share...
    And this is what I want you to share:

    Sekrg masalahnya gimana yah cara beli ebooknya? Please dong di-share bagi yg sdh berhasil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro RudiMantap,
      Nama tokonya apa yah? Mangga dua mananya? Tks.

      Delete
    2. Di mangga dua mal. Saya nggak tahu persis lokasinya. Waktu itu saya nelpon buat janji COD di kantor. Nama tokonya Click &Drag. Webnya sih ini tokokindle.com

      Delete
    3. Di mangga dua beli kindle harganya berapa mas? Itu yg paperwhite?

      Delete
    4. Saya beli paperwhite 2,5jt di tokokindle.com.
      Harganya masuk akal lah. Si penjual kan juga bayar cukai dan shipping.
      Yang saya ceritakan sebelumnya rekan sekantor saya beli paperwhite bulan nov lalu $130 plus shipping $40. Cukainya saja sudah 800ribuan. Totalnya sdh mau 2,6jt.

      Delete
  26. Thanks infonya, nice info.
    Ada juga yah yang jual kindle di indo. Bisa buat pertimbangan juga. Soalnya dulu pernah beli cover ipad dari ebay, gak taunya ama kantor pos ditagih taxes. Katanya itu covernya barang mewah. Kena 175.000. Memang sih covernya model gaya Hermes. Pakai logo Hermes segala. Padahal itu cuma tiruannya. Apes deh...

    ReplyDelete
  27. Dear All, terima kasih atas masukannya. Artikel telah diupdate dan karena banyak yg kena cukai dg harga yg sangat besar maka tidak dianjurkan untuk membeli kindle di luar negeri dulu. Dulu saya berani beli dengan beberapa alasan, silakan dibaca updatenya di atas.

    ReplyDelete
  28. Memang tidak disarankan utk beli dari luar hanya untuk tujuan price bargaining saja. Bisa2 malah buntung alias lebih mahal. Silahkan beli jika brg yg dicari memang belum ada di sini. Harus lebih bijak.
    Kalau tujuannya price bargaining, lebih baik titip somebody yg akan balik dari luar.
    Waktu fire HD pertama kali keluar di amrik dan tak lama kemudian saya dikirim oleh adik saya di Texas, cukai yg dibayar mencapai 1,2jt.
    Oke2 saja, karena waktu itu tidak ada yg jual di sini.
    Tapi skrg sdh dijual di tokoebookreader.com

    ReplyDelete
  29. Thanks infonya. Mau kasih testi.
    Sudah beli Kindle Paperwhite di tokoebookreader mangga dua mal. Mantap. Ternyata memang kayak kertas. Sangat sangat nyaman di mata. Apalagi saya org yg pakai kacamata. Selama ini pakai galaxy tab. Agak perih kali kalo udah baca setengah jam. Pakai kindle sudah coba baca dua jam, masih sangat nyaman.
    Awalnya sempat gak percaya, waktu coba demo unitnya, saya kira itu cuma dummy alias kayak mainan aja. Tulisan di layarnya bener2 kayak tulisan di kertas.
    Pokoknya mantap si Kindle.

    ReplyDelete
  30. Mas mau nanya, kindle dan sejenisnya klo untuk baca file format pdf tapi yang hasil scan bisa gak ya..?dan klo kebaca hasilnya bagus gak..?Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Pokoknya pdf, bisa dibaca. Hanya sayangnya kindle tidak reflow.
      Maksudnya kalau diperbesar, maka kita harus geser kiri kanan utk membacanya seperti dikomputer dgn adobe reader. Jadi satu kalimat akan terpotong, musti bolak balik kiri kanan utk membacanya.
      Capek kalau buat baca pdf, nggak nyaman.
      Paling enak baca mobi, azw, prc.
      Kalau mau baca pdf, yang bisa reflow, paling nyaman di sony / nook / iriver.
      Pdfnya bisa ngatur sendiri seperti Ms. Word. Jadi satu kalimat akan diatur, jika melebihi layar akan jatuh ke baris berikutnya. Jadinya nyaman.

      Delete
  31. Makasih info berharganya para blogger.
    Memang setiap merk ereader punya karakteristik tersendiri.
    Saya coba demonya bbrp merk di tokoebookreader dot com, sempat bingung pilih nook atau kindle. Setelah mempertimbangkan banyak aspek, saya pilih nook. Kesannya, saya suka stylenya, merasa lebih pas di tangan saya. Lalu storagenya bisa support micro sd card 32gb. Kalau layarnya hampir semua merk sama, teknologi einknya sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Nook bisa pdf reflow gak?
      Terus di tokoebookreader itu semua jenis ebook ada yah?
      Bisa bayar pakai credit card gak?

      Delete
  32. Emang bener, kalo skrg pajak import kita selangit.
    Kudu bijaksana utk beli brg dari luar, jgn hanya lihat harga asalnya saja.
    Musti coba2 kalkulasi pajaknya. Bisa sekitar 30% sampai 40% dari harga asal + shipping.
    Yang dihitung adalah harga di invoicenya. Biasanya invoicenya sdh tercantum shippingnya.
    Makanya jadi besar nilainya karena termasuk shipping.
    Dan brg2 tertentu yg termasuk high-end / gadget ataupun yang "dianggap" mewah oleh aparat bea cukai,
    maka siap2lah bayar pajak yang tinggi. Walaupun invoicenya kita minta turunkan nilainya, tetap saja bayarnya mahal. Bahkan ada brg yang notabene adalah brg tiruan alias palsu, namun oleh aparat dikenakan pajak tinggi, dikiranya itu brg asli. Jadi pajaknya bisa jauh lebih tinggi dari hrg asli brg tiruan tsb.
    Kalau brg kita sampainya di rumah cepat, maka biasanya pajaknya agak rendah.
    Tapi kalau sdh tertahan lebih lama 3-5 hari dari normalnya, biasanya pasti tinggi pajaknya.
    Pengalaman saya kerja di salah satu forwarder, saya melihat kalau bea cukai me-release brg dgn cepat, biasanya pajaknya agak mendingan, tapi kalau tertahan 3 hari lebih lama, itu kita bayarnya tinggi.
    Cara ceknya, lihat di status trackingnya, kalau tertulis 'shipment on hold' atau 'clearance delay', maka bea cukai butuh lebih lama utk inspect paketnya. Biasanya brgnya dicurigai invoicenya undervalue, maka mereka akan membongkar dan menaksir ulang nilainya.

    ReplyDelete
  33. Iya, capek dah bea cukai kita.
    Barang tak seberapa duit tapi pajaknya selangit.

    ReplyDelete
  34. Kalau mau pesen kindle bisa kesini yah Kindle Paperwhite, saya beli buanyak buat kalian2, hehe

    harga lebih murah dibanding yang laen ^^
    sory yah kalau promosi ^-^V, daripada beli sendiri kena pajak gila2an

    ReplyDelete
  35. Kindle bisa baca komik gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa baca komik, bisa liat di blog-ku :)

      Delete
  36. kalau ma beli di sini juga bisa klik Kindle Store klau mau asseorisnya aja kesini Kindle Accessories

    ReplyDelete
  37. Kindle memang mantab....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau baca buku elektronik apa harus download dulu? Bisakah lewat USB?

      Delete
  38. Kindle memang mantab....

    ReplyDelete
  39. Kindle memang mantab....

    ReplyDelete
  40. mod files to acceptable videos by most media player including i - Phone, i - Pod, apple tv, PSP, Zune, Blackberry, Creative
    Zen, etc with no quality loss. s time to prop up the bottom of the Apple - TV and expose all of its
    internals. Maybe they thought that users wouldn't want DVD movies to take up space on their i - Pod (which is strange, because i - Pods' 30GB and 60GB hard drives are plenty big
    enough).

    ReplyDelete
  41. These are regularly described as 2 din car DVD, or double din DVD players and this designation references the height
    of the component. The Galaxy S has a great 5 MP
    camera with a resolution of 2592 x 1944 pixels.
    The Samsung Galaxy S3 is, to begin with a LTE network compatible smartphone handset that is capable of handling speeds
    in the range of 30 to 60 mega bytes per second.



    Here is my homepage; galaxy s4

    ReplyDelete
  42. Is it an advantage or disadvantage to save everything on the web.
    Though fascination with this laptop has not died, but some gaping negatives have been highlighted.

    3 together with the improved graphics and enhanced multitasking facilities.


    My weblog samsung chromebook

    ReplyDelete
  43. No lender or investor wants to sink their money into a business
    with no future. 1 tablet cannot handle DVD discs directly without DVD drive.
    One important feature of the Samsung Galaxy Nexus White Smartphone is
    its camera of 5 Mega Pixel.

    My web page :: nexus 7

    ReplyDelete
  44. Since the Samsung Galaxy N7000's screen is large, it makes maneuvering from one application to another very easy and convenient. Who knows, maybe you can start a twelve string revival. Are you looking for more information on Samsung galaxy unlocked.

    my website: samsung galaxy note

    ReplyDelete
  45. Typically the t100577 Nest Learning Thermostat can be described as modern newer sorts
    of thermostat. If your gate changes at the airport, this app will alert you.
    This is the second installment from my Go Green & Save Some Green Series where I
    will share with you a few simple and effective tips on how
    to start becoming green around the house.

    Here is my web page ... nest thermostat

    ReplyDelete
  46. File yang dibaca apa harus download lewat internet?

    ReplyDelete
  47. Bang Amri, saya baru diberi Kindle dari teman saya di India. Sudah diregister pakai nama dan address di India. Maunya beli ebook pakai account dia tp bayarnya pakai kartu kredit Indonesia. Kok tetap tidak bisa keluar pilihan Kindle Store dan beli ebook ya? Apa memang harus address US atau UK saja ya?

    ReplyDelete
  48. mas, bisa ngga saya minjem alamat temennya yang di amerika, saya masukin alamat universitas disana tapi ditegur sama kindle.

    ReplyDelete

What's on your mind? :)