Sunday, August 22, 2010

Matematika: apa, bagaimana, dan mau jadi apa?

What's so good about math? Ilmu ini sering dikaitkan dengan sesuatu yang rumit, hanya berhubungan dengan angka-angka, dan tidak prospektif. Mungkin hal-hal tersebut yang menyebabkan orang menjauhi jurusan matematika. Buktinya? Pertanyaan yang sering terlontar ke saya setelah orang bertanya "ambil jurusan apa kuliahnya?" dan saya jawab "Matematika" adalah "wah hebat ya, susah banget tu, mau jadi dosen ya?". Ya, kuliah di matematika terlihat begitu sulit dan sering dikaitkan dengan jenis pekerjaan dosen atau guru, untungnya masih ada sedikit pujian: dibilang hebat, hehe... :) (padahal cuma mau nyenengin doank kayaknya.. :p). Kali ini saya ingin berbagi tentang pengalaman kuliah di Departemen Matematika UI, seperti apa tempatnya, apa saja yang dipelajari di sana, dan mau jadi apa setelah lulus nanti. Lihat bagaimana lulusan matematika dapat bersaing dengan baik dan sukses di dunia kerja. Stay tuned... :)

Introducing: Mathematics Department, University of Indonesia

Departemen Matematika UI didirikan pada tahun 1961 bersama-sama dengan Departemen Fisika, Kimia, dan Biologi di bawah Fakultas MIPA. Pada waktu itu Departemen Matematika masih menempati kampus UI Salemba, baru kemudian di tahun 1987 (sama dengan tahun kelahiran saya :D ) pindah ke kampus UI Depok dan menempati gedung berlantai 4. Departemen Matematika merupakan salah satu program studi yang menerima dana QUE (Quality for Undergraduate Education) sebesar US$ 1.6 juta. Fasilitas yang ada di sana antara lain adalah laboratorium komputer, perpustakaan, dan auditorium. Ketika saya lulus, Departemen Matematika sedang memindahkan dan memperbaiki laboratorium komputer dan perpustakaannya ke gedungnya yang berlantai 4 yang sebelumnya berada di gedung yang terpisah.





Di tahun-tahun awal perkuliahan, kita akan mempelajari mata kuliah dasar seperti matematika dasar, matematika diskrit, aljabar linier, statistika elementer, dan perkuliahan umum seperti agama, bahasa Indonesia, dan (yang saya paling tidak suka) mata kuliah wajib dari Fakultas MIPA seperti fisika, biologi, dan kimia. Ya, kami masih harus mengambil mata kuliah jurusan lain tersebut karena (katanya) kita mahasiswa MIPA harus mengerti tentang ilmu alam lainnya.... baiklaaah, saya nurut saja kalau begitu, Pak..

Masa-masa yang paling enak adalah ketika kita sudah memasuki tahun ke-3, karena di tahun tersebut kita sudah boleh mengambil mata kuliah pilihan yang sesuai dengan minat kita. Peminatan di Departemen Matematika UI ada 5, yaitu:

  1. Murni
    Matematika murni mempelajari berbagai teori matematika secara mendalam. Menurut saya ini yang paling susah diantara semuanya karena berbagai ilmu matematika murni yang rumit akan dipelajari disini, makanya saya selalu salut kepada teman-teman yang mengambil peminatan murni. Bagi saya mereka sangat hebat.. :D Tapi jangan salah, lulusan murni mempunyai prospek kerja yang bagus seperti yang akan saya jelaskan di bawah.
  2. Statistika
    Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Disini kita akan mempelajari berbagai ilmu statistika yang sangat seru seperti analisis data, teknik sampling, time series, multivariat, dll. Ini peminatan yang saya ambil! :)
  3. Komputasi
    Kuliah komputasi sangat menarik untuk dipelajari karena disini kita akan belajar bagaimana ilmu matematika diaplikasikan ke dalam bidang komputer. Sejatinya, berbagai ilmu komputer berasal dari ilmu matematika, maka mahasiswa matematika akan mendapatkan keuntungan ketika mengambil kuliah tersebut dalam hal logika komputasi yang sudah terbentuk dengan baik.
  4. Aktuaria
    Bagi yang bercita-cita untuk menjadi aktuaris, maka ini adalah pilihan yang cocok. Aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan ilmu matematika, keuangan, dan teori statistika untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bisnis aktual. Salah satu pekerjaannya adalah bagaimana menentukan rate premi asuransi.
  5. Riset operasi
    Riset operasi adalah cabang interdisiplin dari matematika terapan dan sains formal yang menggunakan model-model matematika dan statistika untuk mendapatkan nilai optimal atau nyaris optimal pada sebuah masalah yang kompleks. Riset operasi bertujuan membantu manajemen mendapatkan tujuannya melalui proses ilmiah.
Bagaimana, wawasan tentang matematika sudah cukup terbuka bukan?

Mathematics, what you gonna be???

Nah, kembali ke percakapan dua manusia di awal artikel ini tentang kuliah di matematika, kesan yang muncul dari lulusannya adalah seorang dosen/guru. Well, dosen dan guru adalah pekerjaan yang mulia dan sangat bagus menurut saya karena bisa menyebarkan ilmu yang kita miliki dan merupakan salah satu dari 3 amal jariah yang pahalanya tak akan pernah terputus. Saya sendiripun memiliki cita-cita untuk menjadi dosen/guru suatu saat nanti. Namun perlu diingat bahwa kuliah di jurusan matematika tidak hanya bertujuan untuk membentuk seseorang menjadi seorang dosen/guru.

Bidang pekerjaan matematika sangat luas, hampir seluruh ilmu lainnya membutuhkan matematika. Matematikawan dari bidang murni dapat menjadi seorang dosen dan peneliti untuk memecahkan permasalahan bisnis, pendidikan, dan industri. Statistikawan dapat menjadi seorang peneliti yang menganalisa hasil eksperimen dan survey. Ahli komputer lulusan matematika dapat menjadi pengembang software yang kini merupakan salah satu bisnis yang sangat prospektif di Indonesia dan dunia. Aktuaris saat ini sangat dibutuhkan dan sangat dicari oleh perusahaan asuransi untuk menghitung premi dan memaksimumkan keuntungan perusahaan asuransi. Trekahir, ahli riset operasi dapat bekerja membantu manajemen perusahaan untuk mendapatkan keuntungan maksimal dan risiko minimal melalui proses ilmiah.


CareerCast meniliti tentang 200 pekerjaan terbaik dan terburuk di Amerika tahun 2010 berdasarkan 5 kategori utama, yaitu tingkat pendapatan, prospek pekerjaan, lingkungan kerja, tingkat stress, dan tuntutan fisik. Penelitian tersebut menggunakan data dari Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika, Sensus, dan Studi Asosiasi Dagang. Berikut adalah ranking teratas dari 200 pekerjaan yang diteliti:


Rangking tersebut juga dapat dilihat secara rinci di Forbes. Dapat dilihat bahwa 5 dari 10 pekerjaan teratas berasal dari jurusan matematika! Pekerjaan tersebut adalah aktuaris, pengembang software, analis sistem komputer, matematikawan, dan statistikawan. Tapi itu kan di Amerika, bagaimana dengan Indonesia?? Jangan salah, banyak lulusan matematika yang bekerja sebagai aktuaris, analis, dan statistikawan di perusahaan asuransi dan bank ternama di Indonesia. Standard gaji mereka pun tidak kalah dengan lulusan dari jurusan lainnya. Sekadar info, misalkan untuk aktuaris, ketika kita sudah mendapatkan gelar FSAI (gelar profesi puncak aktuaria), gaji yang didapatkan bisa mencapai 50-100 juta rupiah. Namun untuk mendapatkan gelar tersebut tidak mudah, dibutuhkan perjuangan yang berat. Mungkin baru ada 100 orang yang seperti itu di Indonesia, makanya gaji yang ditawarkan sangat tinggi.

Bagaimana kawan? Wawasan kita tentang matematika sudah terbuka bukan? Mulai saat ini janganlah mengangap sebelah mata bidang apapun, karena semuanya pasti ada kelebihan yang tidak semua orang ketahui. Bagi yang masih pikir-pikir untuk mengambil jurusan matematika janganlah ragu, bagi yang sudah mengambil tetaplah semangat menuntut ilmu yang indah ini, dan bagi yang sudah sukses jangan lupakan kami yang masih berjuang untuk sukses disini... :)

Bonus untuk pembaca, terimalah hadiah dari matematika: buka situs wolframalpha, kemudian masukkan persamaan berikut ke dalam kotak pencarian di sana: x^2 + (y - sqrt(abs(x)))^2 = 1
grafik apakah yang muncul?

cheers... :)
Silahkan share artikel ini dengan klik tombol facebook atau twitter di atas...

keywords: matematika ui, pengalaman matematika, lulusan matematika, alumni matematika, pekerjaan lulusan matematika, profesi alumni matematika, matematika statistika, aktuaria, riset operasi, matematika komputasi, mathematics university of indonesia, fungsi cinta, grafik cinta.

 

80 comments:

  1. Wow...mantab yah Amri, Actuary jadi peringkat pertama.Memang sangat menjanjikan banget dan baru sedikit profesi aktuaris di Indonesia.
    Amri berminat jadi aktuaris??
    Sekarang masalahnya Dyan gak cocok dibidang itu, gak sampe otaknya.hehe, makanya pindah jurusan deh^^

    Terima kasih u pengetahuan yang baru Dyan dapet yah^^

    ReplyDelete
  2. Amri..aku mohon ijin untuk mengcopy sebagian informasi dari blog Amri ini yah, untuk jadi data di blog aq.
    Thx yah^^

    ReplyDelete
  3. Lho Dian bukannya ingin menggabungkan ilmu aktuaria dan komunikasi? :)
    Apapun itu, saya yakin Dian pasti punya pilihan yang terbaik.. Didoakan semoga sukses dimanapun..

    Kalo saya ambilnya statistik yan... Silakan dikopi, terima kasih yaa udah mampir.. :)

    ReplyDelete
  4. Amin, terima kasih doanya Amri.
    Sukses juga untuk bidang statistik yang sedang Amri geluti.

    Semangat selalu^_^

    ReplyDelete
  5. kak,, boleh share blog kk di FB ga??
    bagus banget kak...

    saya mahasiswa baru matematika UI angkatan 2010...
    :)
    salam kenal..

    *grafik itu kk bikin sendiri atw dapet??
    kalo dapet, dapet dimana k?? kereeenn...

    ReplyDelete
  6. @zzz: Salam kenal juga, namanya siapa ya? gpp, silakan di share aja biar orang semakin tahu dengan jurusan matematika.

    keren kan grafiknya? saya nemu waktu browsing2 di internet..
    Makasih yaa udah mampir di blog ini.. :)

    ReplyDelete
  7. keren ya matematika.... saya jadi semangat masuk jurusan Matematika....

    ReplyDelete
  8. yuza kak..
    waktu itu liat kk pas sinus maple..
    ^^

    ReplyDelete
  9. hehehe.. thanks for share, sy baru tau kalo RO merupakan bidang minat di UI. oh iya, salam kenal, saya mahasiswa matematika dari universitas mataram :)

    ReplyDelete
  10. @zzz: oh sejurusan to sama saya.. Salam kenal ya Yuza.. :)

    @sausan: memangnya kalau di Universitas Mataram RO masuk ke mana? Salam kenal juga yaa.. :)

    ReplyDelete
  11. halo... aku mahasiswa S1 tingkat akhir matematika murni UGM,,
    wah artikelnya bagus banget nih, bisa menjawab kebingunganku tentang pekerjaan lulusan matematika nantinya...
    soalnya lagi skripsi, lumayang bingung juga nanti kalo mau lulus trus gmana...

    ReplyDelete
  12. @iyut: halo Iyut..
    Semoga dilancarkan skripsinya dan nanti dapet kerjaan yang sesuai dan pastinya yg terbaik..

    ReplyDelete
  13. keren ya matematika
    thanks kak buat infonya, aku juga ambil mtk di snmptn, mhn doanya ya kak =)

    ReplyDelete
  14. kak Amri, boleh aku minta izin copy-paste artikel ini di blogku?aku kasih sourcenya kok..

    perkenalkan, aku siswa sma kelas xii yang sekarang sedang tertarik untuk masuk urusan matematika. Mohon doanya ya kak...

    ReplyDelete
  15. kak , kerennn .. aku post di fb yaa buat maba2 mtk ui 2011 juga :) terima kasih . jempol deh buat mtk (info: saya mau masuk murni,hhe )

    ReplyDelete
  16. kak, itu yg grafik ada juga lho yg 3 dimensi. buka deh mahasiswa ipb.ada tuh.kerenn deh.

    ReplyDelete
  17. waw keren banget. thanks. kebetulan saya juga jurusan matematika UNJ 2011. jadi bisa planning mau ambil mata kuliah apa hehewaw keren banget. thanks. kebetulan saya juga jurusan matematika UNJ 2011. jadi bisa planning mau ambil mata kuliah apa hehe

    ReplyDelete
  18. waaah keren kak.. terima kasih yaa jadi tambah semangat buat belajar mtk. saya maba mtk ui 2011 :)

    ReplyDelete
  19. @All: yang masih bingung atau ragu2 mau ambil jurusan matematika, semoga artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan yg mencerahkan.. untuk yg baru masuk matematika, nikmatilah setiap kuliah dan tentukan target dari sekarang mau ambil bidang minat apa agar bisa lebih fokus ke depannya. Good luck for all of us! :)

    ReplyDelete
  20. Saya maba mtk unpad 2011, terkadang sy suka masih ragu untuk lanjut kuliah di jur.matematika ini. Yang mau saya tanyakan
    1. apakah profesi aktuaria mudah dpt pekerjaan nantinya setelah lulus?
    2. bagaimana di bedain nya antara yg profesi aktuaria, sama komputasi pdahal kan sama" gelas sarjana sains?
    3. apakah ada program pascasrjana untuk lulusan s1 aktuaria? klo tidak sebaiknya klo sy lulus dri aktuaria, saya ambil program apa pascasarjana nya ?

    ReplyDelete
  21. @anonymouse di atas:
    Mencoba menjawab, krn sy bukan ambil spesialis aktuaris, maka sy berikan jawaban berdasarkan saran dari tmn2 sy yg skr jadi aktuaris. credit to Mayramadan Madya Putra dan Shinta Adhiawati..

    1. perusahaan aktuaris di Indonesia banyak namun masih jarang yg berniat mendalami ilmu aktuaris. Selain itu bank dan perusahaan lain juga butuh aktuaris krn ilmu dan analisa seorang aktuaris sgt dbthkan utk proyeksi sustainability dan profitability suatu perusahaan. Jadi jgn kuatir untuk pekerjaan aktuaris krn sangat2 dibutuhkan dan masih jarang di Indonesia.

    2. Maksudnya cara bedainnya gimana? Kalo ditanya beda, ya jelas beda antara aktuaria dan komputasi. Komputasi itu salah satunya adalah programming dan menciptakan aplikasi untuk suatu keperluan tertentu (ini hanya salah 1 contoh kecil). Nah, seorang aktuaris juga harus punya dasar komputer yg kuat. Tnyata ilmu komputasi dan programming yg kita dpt saat kuliah bener2 dibutuhkan. Mo hitung premi, cadangan, atau sekadar analisa biaya pake programming. Krn hitungannya kompleks. Klo hitung manual lama dan ga simpel. Tp saat pke program bs digunakan utk bnyk contoh sekaligus.

    3. Pasca sarjana aktuaria ada di ITB. Klo di luar banyak, ada di Belanda, Filipina jg. Klo ga mau ambil pasca sarjana aktuaria, ambil aja manajemen keuangan; accounting/finance/investment, karna aktuaria gak bisa berdiri sendiri tanpa accounting/finance/investment. Ilmu ekonomi juga dibutuhkan.

    semoga membantu dan sukses terus yaa kuliahnya.. :)

    ReplyDelete
  22. Wah terimakasih sekali jawaban nya sangat membantu saya :). Hanya saja satu lagi pertanyaan yang masih membuat saya bingung hehe, pertanyaan nya begini...

    Apakah gelar untuk org yang ahli dalam bidang aktuaria sama org yang ahli dalam bidang statistika atau misal matematika murni itu sama? maksud saya kan pas nanti kita kerja, itu bagaimana org membedakan si A itu bidang aktuaria dan si B itu bidang statistika padahal si A dan si B sama" lulusan jurusan matematika, nah itu yg msh membuat saya bingung hehe, karena kan gelar dari matematika tuh nggak dibedain gitu antara bidang aktuaria dan bidang lain nya.

    Thanks bgt lo sebelum nya

    ReplyDelete
  23. ya kalau ambilnya jurusan matematika akan sama saja, yaitu S.Si atau sarjana sains. nanti yg membedakan di CVnya, bilang saja ambil peminatan aktuaria.

    ReplyDelete
  24. ijin share ya kaa :)

    ReplyDelete
  25. Wah, ga nyangka bakal ketemu orangnya di sini. Saya Denny, angkatan 2010 Matematika UI, satu angkatan sama Yuza yang diatas. Hehehehe
    Tahun kemarin sempet liat kakak juga di acara SInus Maple.
    Mau nanya nih kak agak masalah intern nih tentang mata kuliah. hehe..
    kalo mau ngambil aktuaria tuh harus perfect gitu ya nilainya (mungkin minimal B hampir di semua mata kuliah, mengingat peminatan yang paling sulit)?? trus kendala apa aja yang mungkin bisa ditemui saat ngambil peminatan ini?? Makasih buat jawabannya. hehehe

    ReplyDelete
  26. mas, Q nur alumni Matematika UNAIR,,boleh ga copy isi catatan yg ada di blog ini,,

    sebenernya utk kerjaan mas skrng berhubungan bgt ga sama ilmu yg dah d dapet d kuliah,,kalo Q dulu ngambil bidang minat time series tapi d kerjaanQ (di dept market research prusahaan rokok) skrng lebih intens ke bagian multivariatenya, sebenernya agak susah soalnya d multivariate kan banyak rumus n yg paling susah lagi teorinya lebih banyak,la waktu kuliahny pun jarang dijelasin aplikasi ilmunya apa??hehehee,,,

    kira-kira ada masukan ga mas,enaknya Q harus gimana? slaen harus memperdalem lagi ilmu multivariatenya?ehhe

    oiya sekarang ini Q jg lg usaha nyari krja d jkt sbnrny utk mengembangkan ilmuQ, selaen itu juga Q skrng lg brusaha nyari tutor bwt memperdalem software statistik kayak amos, lisrel, prophet,,

    soalnya dr semua prusahaan riset pasar n perusahaan asuransi lebih banyak mengutamakan lulusan matematika yg menguasai software2 d atas td mas sedangkan Q cuma menguasai software SPSS n Minitab aja,,(#sedikit agak miris c)hehehe

    apakah masny pernah mrasakan hal sperti yg Q alami skrng ya? cz Q ngerasa ilmu statistik yg Q punya masih blm secanggih tmn2Q yg punya IP 3.5 ke atas (alias minder sebenernya cz karyawan yg ada di deptQ kebanyakan dari lulusan statistika ITS, di sby lulusan statistik ITS lulusan yg diunggulkan dlm bdg statistik)

    sorry ya mas, commentQ kebanyakan, skalian curhat sebenernya,,hehehe

    salam kenal dari saya,,
    oiya mas, kalo tanya2 bisa lewat email atau YM g??

    thx before

    ReplyDelete
  27. kak, saya jurusan pendidikan matematika 2011.. untuk prodi pendidikan bisa nggak lapangan pekerjaannya sama dengan prodi non pendidikan matematika. mohon balasannya ya kk :)

    ReplyDelete
  28. kak saya jurusan mtk sains uin suska riau.....angkatan 2010....untuk lapangan kerja kan kbnykan dari statistik.....ada gk kak dr mt kulia laen yg brsngktn dg lpngn krja sprt statstk

    ReplyDelete
  29. aku sendiri awalnya ga bimbang masuk jur math. Tp makin lama makin banyak pertanyaan "mau jadi apa" padahal aku anti menjadi dosen, guru dan sejenisnya. Jadi akhir2 ini aku makin gencar mencari masukan mengenai dunia math dan aplikasinya nanti ke mana. Kira2 kali Riset Operasi Sistem itu harusnya kerja di mana sih?

    ReplyDelete
  30. salam kenal.
    aku mahasiswa matematika UIN Jakarta. klo di Matematika Uin peminatannya cuma statistika dan informatika.

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum..
    boleh tanya ka? saya tahun ini target masuk Matematika UI, doakan ya :)
    ngomong-ngomong, sebenarnya di Indonesia saat ini lebih banyak dibutuhkan di bidang aktuaria atau statistika? lalu memang kalau saya tertarik di bidang aktuaria itu harus ada syarat khusus?? misalkan dari IP gitu ka??
    terimakasih :)

    ReplyDelete
  32. Thanks kaka buat infonya :)
    Ijin share ya di fb saya :)

    ReplyDelete
  33. halo kakak-kakak mahasiswa dan mahasiswi yang pinter-pinter.. kenalin aku afirsta aku baru SMA kelas XII IPS. aku sebenarnya juga pengen kuliah di matematika tapi aku sekolahnya di jurusan IPS kak bisa enggak kalo masuk matematika di UGM apa UI? maksudnya harus dari jurusan IPA enggak sih kak kalo mau ke matematika ?

    ReplyDelete
  34. Hi salam sesama jur math,, saya alumni math 05 jur aktuaria, mw sedikit crita untuk cr krja itu bnyk faktor ada luck dan jg jodoh2an,,, awal lu2s saya bnyk ngelamar d prusahaan asuransi, finance, bank dan sbagian bsar dipanggil untuk tes msk,, dan buat ank math yg udh biasa sm tes logika dan angka saya pasti lolos utk tes tulis dan akademik,, hal yg lbh sulit justru pas intview karena qt hrus yakinin prusahan buat rekrut qt,, awal krja saya krja di leasing dan krjaan sy jg ga brhub sm mt kuliah mtk,, intinya qt mesti blj lg dan klebihan ank mtk ya cepet blj hal bru,, lalu saya pndah ke bank sebagai analys credit,, di dunia krja klebihan ank mtk ya dlm hal logika,, saran saya buat lu2san mtk usahakan ipk diatas 3, pertajam toefl, dan stidaknya pnya 1 or 2 pngalaman organisasi d kmpus,, pluang krja itu bnyk koq good luck all

    ReplyDelete
  35. waaahh keren kak..
    saya msih SMP dan klo kuliah nanti pngen ambil jurusan matematika..
    kirain lulusan jrusan mtematika cuma bisa jdi dosen/guru doank..
    ternyata banyak..
    hehehehe..

    mkasi ya kak buat info'nya

    ReplyDelete
  36. waaahh keren kak..
    saya msih SMP dan klo kuliah nanti pngen ambil jurusan matematika..
    kirain lulusan jrusan mtematika cuma bisa jdi dosen/guru doank..
    ternyata banyak..
    hehehehe..

    mkasi ya kak buat info'nya

    ReplyDelete
  37. makasih untuk infonya amata sangat bermanfaat dan membuat semangat saya untuk etap di jurusan ini. mohon doanya untuk masukmate ui. :)

    ReplyDelete
  38. makasih untuk infonya, sangat berguna dan membuat mantap untuk masuk mate UI. semoga lancar. makasi banyak :)

    ReplyDelete
  39. mapel pilihan ku memang gak pernah salah,
    makasih kak buat infonya, semoga saya bisa masuk matematika fmipa unpad :)

    ReplyDelete
  40. kak. aku mau nanya kendala apa saja sih yang harus dihadapi ketika kita ingin mengambil aktuaria? dan apakah ilmu ekonomi dibutuhkan saat kuliah, kalau iya kapan ilmu ekonomi itu dibutuhkan? apakah ketika kita sedang menggeluti aktuaria atau setelah kita mengambil program pascasarjananya ? *mohon dijawab ka :) thanks before :)

    ReplyDelete
  41. alhamdulillah.
    artikel yg bgs sekali.
    jd lbh semangat.

    kak, mau nanya.
    fmipa matematika yg bgs d ptn mn saja?

    trima ksh. :D

    ReplyDelete
  42. Artikelnya keren banget kak..
    Oh ya kebetulan saya membutuhkan informasi mengenai matematika dan artikel kakak sangat membantu..
    Saya mohon izin untuk mengkopi artikel ini sebagai bahan referensi, apakah diperbolehkan?
    Terima kasih..

    ReplyDelete
  43. wah bagus nih ,aku jd smngat ngambil jurusan matematika ,tadinya bingung mau ngambil apa ,karna d sekolah nilai matematika selalu paling tinggi ,setelah baca ini jd tambah mantap dah makasih yah .
    Dan izin share ya .

    ReplyDelete
  44. wah bagus nih ,aku jd smngat ngambil jurusan matematika ,tadinya bingung mau ngambil apa ,karna d sekolah nilai matematika selalu paling tinggi ,setelah baca ini jd tambah mantap dah makasih yah .
    Dan izin share ya .

    ReplyDelete
  45. mksh banyak postingannya, membantu sekali untuk memantapkan pilihan saya..
    btw, formulanya keren, kak.. :D

    ReplyDelete
  46. jujur aja aku ngerasa degdegan buat masuk jurusan mtk, dan bingung juga awalnya lulusan pend. mtk slaen jd dosen or guru apa lagi..thanks ka infonya :D

    ReplyDelete
  47. Kak Amri hebat ya. Saya juga tertarik dengan peminatan statistika. sekarang saya masih SMA Kelas 3, dan saya juga ingin masuk peminatan tersebut.

    Kak Amri, bolehkah saya meminta contact person Kakak sehingga saya bisa tahu sedikit pengalaman dari Kak Amri. Terima Kasih Kak :)

    ReplyDelete
  48. Kak amri,mau nanya,kalo mau ngambil jurusan aktuari emang harus pinter banget ya?ada tes lagi ga??

    ReplyDelete
  49. Asslmlkm , ,
    Ka Amri izin share yaa :)
    tp prospek itu bukan hanya untuk Matematika UI kn ka ?ozt saya Maba Matik Unsoed ka :)

    ReplyDelete
  50. Semakin mantap untuk masuk ke Matematika UI. Doakan aku menyusul kakak sebagai maba Math UI 2014 ya kak :)

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. Kak, saya mau tanya. Lulusan matematika memang banyak pilihan pekerjaannya tapi apakah peluang untuk mendapatkan pekerjaan selain dosen atau guru kecil? Bagaimana cara mengetahui lowongan pekerjaannya? Terima kasih..

    ReplyDelete
  53. Kak Boleh minta Link FB nya nggak kak. Kau mau konsultasi soalnya? Lagi bingung milih jurusan

    ReplyDelete
  54. Saya mahasiswa matematika universitas udayana,
    Mw comment dkit, itu tabel yg diatas bukannya kerjaan untuk diluar indonesia ya?
    Bagaimana klo di Indonesia? Apa aktuaris tetep nomer satu? Klo iya tolong dnj berikan 10 contoh tempat kerjanya secara rinci.

    ReplyDelete
  55. ijin copas kak.. biar semua tau bahwa MATEMATIKA ITU MENYENANGKAN :D

    ReplyDelete
  56. saya irnia
    lulusan matematika murni unhas
    saya sangat tertarik di bidang aktuarita.... tapi saya bingung cara mendaftarnya gimana ?

    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  57. Kak, kenalin saya hilma.. blognya bagus kak, tambah kepingin jadi aktuaris nih..
    Kak bisa mnta email atau username fb nggak kak? Soalnya banyak yang mau aku tanyain ke kak amri.. terimakasih

    ReplyDelete
  58. salam kenal, saya vega setiawan dari FMIPA UNTAN Pontianak...
    tambah semangat buat nyelesaikan kuliah, salam perjuangan

    ReplyDelete
  59. Halo kak boleh minta line ID / email atau whatsapp ? Mau nanya2 trims

    ReplyDelete
  60. kak mau tanya
    kakak Kalau Masuk jurusan matematika itu susah atau gak??
    terus kalu ngambil jurusan matematika sesuai dengan minat yang kuat itu harus gimana lagi agar keinginan masuk jurusan matematika bisa terwujud
    universitas yang bagus untuk mengambil jurusan matematika itu dimana??(setahu atau menurut kakak)

    soalnya aku dah kelas 3 tabi bingung mau nglanjutin kemana
    terimakasih kak

    ReplyDelete
  61. Makasih infonya,.,. tapi apakah mungkin pembelajaran secara otodidak bisa seperti itu walaupun keahlian tidak kalah dengan para sarjana/pascasarjana.,.,???

    ReplyDelete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. Makasih kak buat infonya, membantu banget.

    ReplyDelete
  64. makasih kak buat infonya berguna banget, aku skrg kelas XII SMA niatnya nanti mau ambil jurusan matematika dan untuk peminatannya aktuaria kak. mohon doanya =)

    ReplyDelete
  65. thanks bget k',,,,
    sangat bermanfaat,,,,,
    dan menambah smngat jg... :)

    ReplyDelete
  66. Kak maaf sblmnya boleh share univ2 apa saja di indonesia yg ada peminatan aktuarianya?

    ReplyDelete
  67. Thanks mas, artikelnya bagus banget.. o ya mas punya temen aktuaris? saya mau tanya2 tenntang program yang digunakan untuk menghitung premi. Kebetulan saya mau buat tugas akhir tentang program aplikasi penghitung premi asuransi jiwa

    ReplyDelete
  68. wah infonya bermanfaat bnget ni kak
    kak sya budi maba matematika FMIPA UNILA , saya tertarik akan pekerjaaan mnjadi aktuaris
    tp di jur matematika saya tdk ada pemfokusan minat aktuaris
    kira2 bisa gak kak mnjdi aktuaris
    dan klo bisa saya harus gmn ... apakah mncari universitas yg ada pemfokusan minat aktuaris...?
    atau bertahan di universitas saya , dn jika bertahan saya harus bljar ap agar mnjadi aktuaris
    thx...sukses slalu

    ReplyDelete
  69. SMA IPS bisa masuk di matematika gak yaa ??

    ReplyDelete
  70. kak tapi katanya lowongan kerja ke depannya itu susah. dan hanya beberapa yang beruntung mendapatkan pekerjaan yang baik. itu bagaimana kak? saya rencana mau ambil jurusan ini, tapi msh agak ragu kak. mohon penjelasannya:)

    ReplyDelete
  71. kak bagaimana kita bisa betah dalam mendalami ilmu matematika ini dengan nyaman tanpa resah sidikitpun.terus jika lowongan pekerjaan kedepannya sulit,langkah apa yang harus saya ambil,

    ReplyDelete
  72. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  73. infonya sangat bermanfaat.. thank you om..
    grafiknya keren.. buat sendiri apa copas punya tetangga ? hehe :D

    ReplyDelete
  74. Ka maaf aku minta izin mau share blog kaka yaa aku siswa kelas XII dari smkn 1 kota serang makasih ka info.a sangat bermanfaat niatnya saya ingin mengambil jurisan matematika tapi karena ada penjelasan dari kaka saya skrg sedikit mengerti makasih ka :-)

    ReplyDelete
  75. anis hqmah susmitaJuly 19, 2014 at 1:24 AM

    salam kenal saya baru lulus dan alhamdulllah keterma di universitas sriwijaya matematika mipa. awalnya saya sangat sedih karna orang tua saya tidak yakin dengan jurusan saya. saya pun sering di tanya 'emng nanti kerja nya apa? sy hanya diam saja karna saya blm tau dan saya mengambl jurusan matematika berdasarkan kesukaan saya dan setelah baca artikel ini saya sangat semangat . terimaksh infonya gan :)

    ReplyDelete

What's on your mind? :)