Saturday, September 25, 2010

Ular yang melingkar-lingkar

Beberapa waktu ini rubik's cube telah menjadi populer kembali. Di toko buku, toko mainan mewah, sampai ke toko mainan pinggir jalan atau abang-abang mainan keliling hampir pasti menjualnya. Padahal kalau dipikir-pikir rubiks itu termasuk game yang sulit untuk diselesaikan tapi dijualnya banyak ke anak-anak kecil. Tapi gapapa, biar melatih kemampuan berpikir anak-anak dalam menyelesaikan masalah.

Nah, bagi yang sudah bosan dengan rubiks 3x3 karena sudah berkali-kali menyelesaikannya, atau mungkin sudah malas untuk mencoba menyelesaikan ukuran rubiks yang lebih besar, coba saja rubiks snake. Tidak seperti rubiks 3x3, 4x4, dan rubiks putar 3 dimensi lainnya yang hanya mempunyai satu solusi, rubiks snake ini termasuk puzzle yang memiliki banyak sekali solusi.

Inilah penampakan dari rubiks snake ketika belum diubah bentuknya

bentuk dasar: ular



Rubiks tersebut bisa diputar-putar untuk membuat berbagai bentuk yang berbeda. Secara matematis kira-kira ada 4 pangkat 23 = 70368744177664 bentuk berbeda yang dapat dibuat dari rubiks cube. Itulah mengapa saya bilang di awal tadi bahwa rubiks snake ini bisa memiliki banyak solusi, solusi di sini dalam artian bukan sembarang bentuk, namun menjadi suatu bentuk yang mempunyai makna, minimal bermakna bagi diri kita sendiri walaupun bentuknya aneh bagi orang lain... :p

Berikut beberapa solusi yang coba saya buat, mulai dari bentuk-bentuk dasar

segitiga

segi enam
masih bentuk dasar tapi liukannya lebih banyak

simpul

butiran bunga salju
bentuk hewan-hewan dan bentuk 3 dimensi lainnya

kerang

kucing

dasi kupu-kupu

perosotan

bola

ikan

nada musik

kacamata

anjing

Bagaimana, menarik bukan? Perbedaan lainnya dengan rubiks cube adalah puzzle ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda sesuai dengan bentuk yang ingin kita buat. Terakhir, karena masih ada puluhan bahkan ratusan bentuk menarik lainnya yang dapat dibuat, puzzle ini menjadi tidak cepat bosan untuk dimainkan.

Tertarik untuk beli dan mencoba? Bagi yang ingin mencoba menyelesaikan berbagai bentuk dengan melihat contoh-contohnya dengan jelas (plus solusinya), dapat membuka halaman ini.

keywords: bentuk rubiks snake, solusi rubik's snake, contoh bentuk rubiks snake, buat bentuk rubiks snake, bentuk rubik ular, solusi rubik ular, rubik ular berbentuk bola.

 

6 comments:

  1. assalamu'alaikum... kak amri... apa kabar? ini azka, adek kelas di NF n Smansa Depok, kalo masih inget mah... nyampe ke blog ini dari link di blog anak Smansa juga...

    wuih, maenannya rubik, beda yee alumnus matematika mah... hehe... aku mau belajar nyelesein yang 3x3 aja ndak jadi-jadi... :D :D

    ReplyDelete
  2. Waalaikumsalam...
    Hi Azka... iya masih inget kok, kan dulu suka sms..
    Apa kabar? sekarang kuliah di bogor ya? wah blognya azka bagusss... :D

    yaudaa, selesein dulu aja yang 3x3nya, baru lanjut ke snake... snake jauh lebih gampang kok.. :D

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah, kak... baik... iya di bogor, sempet cuti setahun jadi masih leyah leyeh jadi mahasiswa... hehe...

    kalo jauh lebih gampang, ya belajar yang snake dulu aja kali ye.. :D

    blog kak amri juga baguuuussss (huruf u & s-nya lebih banyak hehe) jadi ayo ayo kita nulis... insya Allah banyak manfaatnya bagi kita (n mudah2an buat orang lain juga)... :)

    ReplyDelete
  4. @bekti, banyak yang jual kok bek, di toko mainan bocah juga banyak, murah2 lagi.. hehe...

    ReplyDelete
  5. Aku udah punya tapi aku baru bisa dua segitiga sama segi enam

    ReplyDelete

What's on your mind? :)